Total Tayangan Halaman

Jumat, 26 Agustus 2011

Contoh KTI > silahkan sebagai referensi


LUMUT KERAK (LICHEN) SEBAGAI INDIKATOR POLUSI UDARA DI KOTA SLAWI
TAHUN 2011

KARYA TULIS
Disusun Untuk Mengikuti Lomba Karya Ilmiah Remaja Inovasi (Krenova)



Disusun oleh :
Nama           : Iis Setiana
NIS             : 096430

PEMERINTAH KABUPATEN TEGAL
DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAH RAGA
UPTD SMA NEGERI 3 SLAWI

ABSTRAK

IIS SETIANA kelas XI. IA. 1 dalam “Lumut Kerak (Lichen) sebagai Indikator Polusi Udara di Kota Slawi Tahun 2011”  13 halaman.
Polusi Udara belakangan ini menjadi masalah yang serius. Hali ini terjadi akibat jumlah kendaraan bermotor yang dari tahun ke tahun terus meningkat. Kendaraan bermotor mengeluarkan asap yang mengandung berbagi jenis polutan berbahaya bagi lingkungan. Dalam penelitian, terbukti bahwa tumbuhan lumut kerak (lichen) dapat dijadikan sebagai indikator polusi udara. Karena tumbuhan tersebut sangat sensitif terhadap polutan-polutan yang berbahaya.
Tujuan dari penulisan karya tulis ini adalah untuk mengetahui Mengetahui apakah lumut kerak dapat dijadikan sebagai indikator polusi udara.
Dalam penyusunan karya tulis ini penulis menggunakan metode penelitian, metode wawancara dan metode kepustakaan. Metode penelitian merupakan jenis penelitian eksperimental, yakni penelitian dengan melakukan percobaan pada objek berupa tumbuhan liken, metode wawancara untuk mendapat informasi dan metode kepustakaan sebagai referensi.
Liken dapat digunakan sebagai indikator polusi udara alami dengan cara membandingkan jumlah tumbuhan lumut kerak (Lichen) yang terdapat pada batang pepohonan di suatu derah. Semakin sedikit tumbuhan lumut kerak (Lichen) yang tumbuh pada pepohonan di suatu lingkungan, maka tingkat polusi di lingkungan tersebut tinggi. Begitu pula sebaliknya, semakin banyak tumbuhan lumut kerak (Lichen) yang tumbuh, maka tingkat polusi si lingkungan tersebut rendah.
Polusi udara mengakibatkan kondisi suhu udara di lingkungan menjadi meningkat, serta tanah dan tumbuhan dilingkungan yang terkena polusi udara menjadi kering.

BAB I
PENDAHULUAN

A.    A. Latar belakang
Tingkat pencemaran udara di Indonesia semakin memprihatinkan. Bahkan Indonesia menjadi Negara dengan tingkat polusi udara tertinggi ketiga di dunia. Dari semua penyebab polusi udara yang ada, emisi transportasi terbukti sebagai penyumbang pencemaran tertinggi di Indonesia. Hal ini di akibatkan oleh laju pertumbuhan kepemilikan kendaraan bermotor yang dari tahun ke tahun semakin tinggi.
Kendaraan bermotor tidak hanya menimbulkan polusi suara (bising), tetapi juga pencemaran udara yang diakibatkan dari gas beracun yang tekandung di dalam asap sisa pembakaran bahan bakar. Gas beracun tersebut berbaur keudara bebas, sehingga mengakibatkan kondisi lingkungan tidak stabil. Pembakaran bahan bakar seperti minyak bumi dan batu bara mengakibatkan kadar  di udara bertambah. Akibatnya, pantulan panas dari permukaan bumi yang akan lepas ke angkasa menjadi terhalang (Efek rumah kaca). Hal ini akan mengakibatkan pemanasan global.
Sekarang ini, berbagi upaya telah dilakukan untuk meminimalis peningkatan suhu di permukaan bumi. Mulai dari program go green sampai program back to nature (kembali ke alam). Di kota-kota besar, dibangun taman kota serta penanaman pohon di tepi-tepi jalan raya untuk megurangi tingkat polusi yang tinggi. Oleh karena itu penulis ingin mengetahui tingkat polusi udara di lingkungan dengan menggunakan indikator alami dalam karya tulis yang berjudul Lumut Kerak (Lichen) sebagai Indikator Polusi Udara di Kota Slawi tahun 2011.

B.    B. Rumusan masalah
Adapun beberapa permasalahan yang akan dibahas dalam karya tulis ini antara lain :
1.      Apakah lumut kerak dapat dijadikan sebagai indikator polusi udara?
2.      Bagaimana cara menggunakan lumut kerak sebagi indikator polusi udara?
3.      Bagaimana keadaan lingkungan yang terkena polusi udara?

BAB II
LANDASAN TEORI
A.    A. Polusi
1.      Pengertian polusi
Polusi atau pencemaran lingkungan adalah peristiwa masuknya zat, unsure, energi, dan komponen yang bersifat merugikan (polutan) lingkungan dan makhluk hidup. Jenis polusi yang terdapat di lingkungan kita antara lain :
a.       Polusi air
b.      Polusi tanah;
c.       Polusi suara; serta
d.      Polusi udara
2.      Polusi udara
Polusi udara adalah penambahan komponen udara, bahan kimia, atau terbentuknya bahan kimia baru di udara yang membahayakan makhluk hidup (polutan). Polutan udara dapat berupa :
a.    Oksida karbon (CO, )
b.    Oksida nitrogen (NO,, O)
c.    Oksida sulfur/belerang (, )
d.   Persenyawaan karbon (, )
e.    Bahan organik
f.     Tanah
g.    Asbes
h.    Timbal
i.      Karbon
j.      Partikel cair (asam sulfat, asam nitrat, minyak, pestisida)
k.    Pembakaran bahan bakar fosil (minyak dan batu bara)
Pembakaran minyak bumi dan batu bara mengakibatkan kadar  di udara bertambah. Akibatnya, pantulan panas dari permukaan bumi yang akan lepas ke angkasa menjadi terhalang. Peristiwa ini sering disebut dengan green house effect (efek rumah kaca). Efek rumah kaca akan mengubah cuaca secara global, sehingga mengakibatkan suhu di bumi makin panas dan mengubah iklim serta cuaca menjadi tidak menentu.
Polusi atau pencemaran udara dibedakan menjadi dua, yaitu polusi primer dan sekunder. Polusi primer adalah substansi pencemar yang ditimbulkan langsung dari pencemar udara. Contohnya karbon monoksida, karena karbon monoksida merupakan hasil dari pembakaran. Polusi sekunder adalah pencemar yang terbentuk dari reaksi pencemar-pencemar primer di atmosfer.Contohnya adalah pembentukan ozon dalam smog fotokimia.
3.      Dampak polusi udara
a.       Bagi kesehatan
Substansi pencemar yang terdapat di udara dapat masuk ke dalam tubuh melalui system pernafasan. Dampak kesehatan yang paling umum dijumpai adalah ISPA (infeksi saluran pernafasan akut), termasuk diantaranya asma, bronchitis dan gangguan pernafasan lainnya.
b.      Green house effect (Efek rumah kaca)
Sinar matahari yang menembus permukaan bumi sebagian diserap oleh bumi dan sebagian lagi dipantulkan kembali ke udara. Gas karbon dioksida ) yang dihasilkan dari asap kendaraan bermotor, pabrik, atau dapur rumah tangga disebut gas rumah kaca. Gas rumah kaca yang berlebihan di udara akan berkumpul membentuk sebuah lapisan yang bening dan tidak berwarna. Lapisan tersebut menyelimuti bumi.
Lapisan yang mengandung gas rumah kaca, memiliki sifat dapat ditembus oleh sinar matahari, tetapi tidak dapat memantulkannya kembali ke udara. Sinar matahari yang jatuh ke permukaan bumi akan terperangkap gas rumah kaca. Sinar matahari yang terperangkap pada lapisan udara akan menaikkan suhu sekitarnya menjadi lebih panas dari biasa. Peningkatan suhu udara di permukaan bumi dapat mengakibatkan :
1)      Es di kutub mencair yang mengakibatkan permukaan air laut naik, sehingga daerah pantai dan pulau-pulau kecil tenggelam.
2)      Produksi tanaman pertanian berkurang karena tanaman akan rusak bila suhu udara terlalu panas.
c.       Kerusakan lapisan ozon
Lapisan ozon merupakan suatu lapisan udara yang berada di lapisan udara stratosfer yang memiliki sifat menyerap sinar ultra violet yang berasal dari sinar matahari yang berada di lapisan udara stratosfer. Dengan adanya lapisan ozon sinar ultra violet tidak semuanya jatuh ke bumi. Hanya sebagian kecil saja sinar ultra violet yang sampai ke permukaan bumi sesuai yang dibutuhkan oleh manusia.
Sekarang ini lapisan ozon semakin menipis. Akibatnya sinar ultra violet akan menerobos permukaan bumi dalam jumlah yang melebihi ambang batas. Sinar ultra violet yang berlebihan akan mempengaruhi kehidupan manusia, diantaranya :
1)      Dapat menimbulkan penyakit kanker kulit.
2)      Dapat menimbulkan penyakit katarak.
3)      Dapat menimbulkan tanaman tidak dapat tumbuh.
d.      Hujan asam
Hujan asam terjadi akibat dari bercampurnya senyawa sulfat, nitrat dan oksida. Senyawa tersebut bereaksi denagn air hujan menghasilkan senyawa asam sulfat, asam nitrat dan asam bikarbonat. Dampak hujan asam bagi kehidupan manusia antara lain:
1)   Air dengan keasaman tinggi dapat merusak tumbuhan.
2)   Menyebabkan karat pada logam, merusak marmer dan beton.
3)   Pada sungai dan danau akan mempengaruhi kehidupan air tawar ikan, plankton, serta biota lainnya.
 
A.    B. Lichen (Lumut kerak)
1.      Mengenal Tumbuhan Lichen (Lumut kerak)
Lumut kerak sebenarnya tidak termasuk dalam kelompok lumut, karena tumbuhan tersebut terbentuk dari simbiosis antara jamur dari kelompok ascomycota atau basidiomycota dengan ganggang hijau bersel satu atau ganggang hijau biru bersel satu. Dengan simbiosis ini jamur memperoleh makanan dari hasil fotosintesis ganggang, sedangkan ganggang memperoleh air dan mineral dari jamur.
Pada lumut kerak sering ditemukan tepung. Tepung itu adalah beberapa sel ganggang yang terbungkus hifa dan terdapat di permukaan lumut kerak atau disebut soredium. Soredium berfungsi untuk pembiakan secara vegetatif (fragmentasi), selain dengan spora dan membelah diri.
2.      Habitat Tumbuhan Lichen (Lumut kerak)
Habitat liken sangat berfariasi. Liken sangat bervariasi. Liken dapat melekat pada bebatuan atau tembok yang tidak dapat ditempati oleh makhluk hidup lain. OOleh karena itu liken disebut juga tumbuhan primer atau vegetasi perintis. Liken membantu proses pembentuka tanah dengan cara melepaskan fragmen talus yang sangat halus.
Perubahan cuaca, kelembapan dan disertai dengan dilepaskannya zat kimia menyebabkan permukaan batuan akan melapuk yang kemudian dipakai sebagai media untuk hidup tumbuhan ini dan hewan-hewan kecil. Liken sangat sensitif terhadap beberapa jenis polutan yang berbahaya, misalnya flourida, logam berat, zat radio aktif, bahan-bahan kimia pertanian, dan pestisida. Dengan demikian liken tidak dapat hidup di lingkungan yang tercemar. Sifat inilah yang dipakai sebagai indikator pencemaran lingkungan.
Contoh liken antara lain Grafis sp. (hidup melekat pada batang pohon), parmelia sp. Dan haematomma sp.  (hidup melekat pada batu-batuan), serta Usnea dasipoga (hidup melekat pada pucuk-pucuk pohon di daerah pegunungan). Usnea menghasilkan asam usnin.

2 komentar:

  1. Is 1xbet korean legit? [No Deposit Bonus Code] - LegalBet
    Is 1xbet korean legit? [No Deposit Bonus Code] You need to register at 1xbet legalbet.co.kr to check it and 샌즈카지노 verify your registration 카지노 details.

    BalasHapus
  2. How to Create a Casino - DrmCD
    Casino players can sign 여주 출장샵 up for a new casino account and play for real money while 시흥 출장마사지 playing casino games online. If you don't 서귀포 출장마사지 know 안동 출장안마 how to create a 광양 출장안마 casino account,

    BalasHapus